Menikah di Singapura; It’s So Simple!

Our Story - Menikah di Singapura; It’s So Simple!

            photo : www.singapore-guide.com


            Tulisan ini saya buat untuk membantu mereka yang ingin mencari informasi tentang cara melakukan pernikahan di Singapura. Saya di sini berbagi pengalaman pribadi, jadi semua yang saya tulis berdasarkan apa yang telah saya jalani dan rasakan sendiri.

            Singapura memang banyak dijadikan tempat untuk menikah bagi warga negara asing. Pasangan sesama WNI yang berbeda agama banyak yang menikah di Singapura. Seperti yang kita ketahui bersama, menikah beda agama secara sipil di Indonesia terbentur oleh UU yang mengharuskan pernikahan seagama. Selain posisinya yang dekat dengan Indonesia, prosedur menikah sipil di Singapura juga mudah dan biayanya tidak mahal. Untuk pernikahan beda warga negara tidak perlu melengkapi banyak dokumen. Menikah di salah satu negara asal calon pengantin malah diminta berbagai dokumen yang cukup membuat repot.

            Keputusan kami untuk menikah di Singapura dikarenakan kami ingin mendapatkan status pernikahan resmi secepatnya! Untuk melakukan pernikahan beda warga negara di Indonesia memiliki banyak persyaratan. Pengurusan berbagai dokumen tersebut bisa memakan waktu sampai 6 bulan (tergantung menikah dengan warga negara mana). Belum ditambah kesal dan mengeluarkan biaya ekstra di luar biaya resmi hanya karena menikah dengan orang asing.

            Jika kami harus menunggu melakukan pernikahan di Indonesia, maka akan lebih lama bagi saya untuk bisa mengurus izin tinggal (Dependant’s Pass) untuk menetap di Singapura. Pasangan saya bekerja di Singapura, jadi wajar jika paspor saya penuh dengan stempel imigrasi Singapura. Kami tidak ingin ada masalah dengan imigrasi Singapura karena hal ini, maka secepatnya menikah di Singapura adalah jalan terbaik bagi kami. Begitulah ceritanya, akhirnya kami menikah di Singapura terlebih dahulu sambil mengurus semua dokumen yang diperlukan untuk menikah Islam di KUA Jakarta.

            Kami memutuskan menikah dua kali bukan karena pernikahan di Singapura tidak bisa diakui di Indonesia, tapi karena sejak awal tujuan utama kami adalah menikah secara Islam. Pernikahan kami di Singapura tidak kami laporkan ke catatan sipil Indonesia maupun catatan sipil di negara suami, karena jika kami laporkan maka kami tidak bisa menikah lagi di Indonesia.

            Hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar nikah di Singapura :

            Pernikahan di ROM (Registry of Marriages) Singapura adalah PERNIKAHAN SIPIL.

            ROM Singapura hanya menerima pasangan yang menikah beda agama atau seagama non-Muslim. Jika calon pengantin keduanya beragama Islam tidak bisa menikah di ROM tapi harus di ROMM (Registry of Muslim Marriages) dengan persyaratan yang berbeda dari ROM.

            Pernikahan di ROM Singapura tidak mewajibkan persetujuan/kehadiran orang tua jika calon pengantin sudah berusia 21 tahun. Persetujuan orang tua hanya dibutuhkan jika calon pengantin usianya masih di bawah 21 tahun.

            Jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris harus ada penerjemah resmi dari kedutaan saat pernikahan dilangsungkan.

            Jika Anda sedang atau pernah bekerja di Singapura dengan Work Permit (WP) dan akan menikah dengan warga negara Singapura atau SPR (Singapore Permanent Resident), maka Anda harus meminta izin atau persetujuan menikah dari MOM (Ministry of Manpower) Singapore. Jika bekerja dengan Employment Pass (EP) tidak perlu izin.

             

            PERSYARATAN DAN LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENIKAH DI ROM SINGAPURA

            I.   PERSYARATAN NIKAH

            Tinggal di Singapura Selama 15 Hari
            Ini adalah syarat wajib bagi WNA yang akan menikah di Singapura. Bagi pasangan yang tidak bermukim di Singapura, calon pengantin (salah satu atau keduanya) harus tinggal di Singapura selama minimal 15 hari sebelum melakukan pendaftaran pernikahan. Jika Andalanding hari ini, penghitungan hari pertama dimulai keesokan harinya (hari kedatangan tidak dihitung). Bagi yang pernah mengunjungi Singapura sebelumnya, masa tinggal bisa diakumulasi, asalkan ada bukti misalnya stempel-stempel pada paspor. (Saya tidak perlu persyaratan ini karena pasangan saya bekerja dengan EP di Singapura, jadi bisa langsung mendaftar).

            Paspor
            Jika kedua calon pengantin berstatus belum pernah menikah, dokumen yang dibutuhkan hanya PASPOR. Tidak diminta dokumen lainnya seperti surat izin menikah dari kedutaan, akta kelahiran, surat izin orang tua, dan lain-lain.

            Surat Cerai / Keterangan Kematian
            Jika calon pengantin (salah satu atau keduanya) pernah menikah sebelumnya, maka harus ada surat cerai atau surat keterangan kematian dari pasangan sebelumnya.

            II.   MENDAFTAR ONLINE

            Di hari ke-16 Anda sudah bisa mendaftar untuk menikah. Tidak harus tepat di hari ke-16, pendaftaran bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja asal sudah memenuhi syarat 15 hari tinggal di Singapura.  Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online di website ROM (Registry of Marriages) Singapore (sebaiknya dibuka di browser Internet Explorer, jika dibuka di browser lain sering error). Baca dengan teliti semua informasi di sana agar Anda paham dan tidak terjadi kesalahan saat mendaftar.

            Saat mendaftar Anda harus:

            Mengisi Data Calon Pengantin
            Data yang diminta seputar data pribadi calon pengantin pria dan wanita, seperti nama, tanggal lahir, nomor paspor, alamat, dan lain-lain.
            Saat memasukkan data alamat di Indonesia, gunakan alamat yang tertera di KTP Anda, karena nanti petugas akan mengecek KTP Anda jika dirasa perlu.
            Belilah sebuah nomor handphone Singapura, karena akan dibutuhkan saat pengisian data. Untuk membeli nomor perdana di Singapura, Anda wajib memberikan paspor untuk di-scan. Biasanya minimarket 7-Eleven menjual nomor perdana dan isi ulang.

            Mengisi Data Saksi
            Saat menikah wajib membawa dua orang saksi. Saksi bisa siapa saja dan tak masalah pria atau wanita, asalkan telah berusia minimal 21 tahun. Isi nama dua saksi berikut data paspor mereka (jika saksi bukan warga negara Singapura).
            Nama saksi-saksi yang telah dimasukkan dapat diganti kemudian. Tiap kali ada perubahan data saksi dikenakan biaya SGD 15. Perubahan data saksi dapat dilakukan melalui website ROM atau pada saat statutory declaration.

            Pilih Tanggal Pernikahan
            Tanggal nikah yang bisa dipilih paling cepat 21 hari setelah tanggal pendaftaran dan maksimal 3 bulan setelah tanggal pendaftaran. Namun bukan berarti Anda bisa bebas memilih tanggal pernikahan, karena Anda hanya bisa memilih tanggal dan jam pernikahan yang masih tersedia/kosong.  Saya sarankan untuk mendaftar beberapa bulan sebelum tanggal pernikahan yang Anda inginkan, karena biasanya jadwal ROM sudah penuh 1-2 bulan ke depan. Selain itu bisa jadi tanggal dan jam yang Anda inginkan sudah tidak tersedia karena sudah diambil orang lain. Tanggal-tanggal istimewa atau angka cantik pasti sudah full booked. Dulu kami berencana menikah pada tanggal 14 Februari, namun ternyata tanggal itu sudah tidak tersedia lagi 😀 dan kami baru mendapatkan jadwal kosong pada bulan April. Hikss…. Gagal deh kami menikah pada hari Valentine! 😀Bahkan teman saya yang mendaftar di bulan April mendapatkan tanggal nikah kosong di bulan Juli.

            Pilih Tempat Pernikahan
            Anda bisa melakukan pernikahan di dalam kantor ROM (Senin-Jumat) atau di luar kantor ROM pada weekend dan hari libur lainnya. Jika pernikahan akan dilakukan di luar kantor ROM, Anda harus memberikan informasi alamat dan bukti booking tempat.

            Melakukan Pembayaran Nikah
            Biaya pernikahan sebesar SGD 128 bagi WNA. Pembayaran hanya bisa dilakukan secara online menggunakan kartu kredit.

            Konfirmasi Pembayaran
            Setelah membayar segera konfirmasikan pembayaran Anda di website ROM untuk mendapatkan nomor pendaftaran pernikahan.

            Print Notifikasi
            Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, ROM akan mengirimkan E-Mail berupa notifikasi yang berisi nomor pendaftaran, data calon pengantin, dan tanggal untuk melakukan statutory declaration (verifikasi dokumen). Print dan simpan notifikasi tersebut sebagai bukti.

            III.  MASA TUNGGU

            Setelah sukses mendaftar Anda akan masuk ke dalam masa tunggu. Pada masa ini Anda dapat keluar dari Singapura dan datang kembali ke Singapura menjelang statutory declaration.

            IV.  STATUTORY DECLARATION

            Kedua calon pengantin harus datang ke kantor ROM pada tanggal dan jam yang telah ditentukan untuk melakukan statutory declaration. Saksi-saksi tidak perlu hadir. Biasanya jarak statutory declaration ke tanggal nikah sekitar 1 – 7 hari. Waktu itu statutory declaration kami sehari sebelum tanggal nikah, sedangkan teman saya 3 hari sebelum tanggal nikah.

            Dokumen yang harus dibawa saat statutory declaration:
            – Paspor kedua calon pengantin (asli + fotokopi)
            – F
            otokopi paspor saksi-saksi
            – Surat cerai/kematian (asli + fotokopi) atau CNI**
            – Print notifikasi nomor/barcode pendaftaran nikah.

            Pada saat statutory declaration akan dicek apakah kedua calon pengantin sudah memenuhi persyaratan untuk menikah di ROM. Salah satu hal yang dicek adalah apakah sudah pernah tinggal selama 15 hari di Singapura. Setelah itu kedua calon pengantin akan diminta untuk bersumpah bahwa data-data yang diberikan adalah benar/asli.

            Setelah statutory declaration selesai, Anda akan mendapat paket buku tentang bagaimana membangun dan memupuk cinta dalam sebuah pernikahan. Buku yang menarik untuk dibaca 🙂

            ROM books

              Paket buku dari ROM

              V.   MENIKAH

              Kedua calon pengantin dan saksi-saksi datang ke kantor ROM atau tempat pernikahan yang telah dipilih sebelumnya sesuai jadwal. Jika pernikahan dilakukan di kantor ROM, Anda harus berada di sana minimal 15 menit sebelum pernikahan dilangsungkan. Meskipun Anda datang lebih cepat namun giliran Anda untuk dinikahkan tetap sesuai dengan jam yang telah ditentukan untuk Anda (tidak berlaku siapa yang datang duluan dilayani terlebih dahulu). Upacara pernikahan berlangsung paling lama hanya 15 menit. Setelah menikah Anda langsung membawa pulang sertifikat pernikahan.

              Persyaratan di hari pernikahan:

              Pasangan pengantin hadir dengan membawa paspor asli.

              Kedua saksi hadir dengan membawa paspor asli.

              Berpakaian dengan atribut pernikahan atau cukup dengan baju yang sopan. Pengantin dan saksi-saksi tidak diperkenankan memakai kaos dan jeans.

              Membawa sepasang cincin nikah (tidak wajib jika tidak mau tukar cincin).

              Tamu undangan yang bisa masuk ke ruangan nikah ROM maksimal 20 orang.

              * *

              PELAPORAN PERNIKAHAN

              Sertifikat nikah dari luar negeri diakui dan memiliki kekuatan hukum yang sama dengan akta nikah catatan sipil atau buku nikah KUA, jika dilaporkan ke kantor catatan sipil di Indonesia. Caranya sebagai berikut:

              1.  WNI yang menikah dengan WNA

              Agar pernikahan Anda di Singapura diketahui oleh negara Indonesia dan negara pasangan Anda, maka Anda harus melegalisasi sertifikat nikah dari ROM ke:
              – Kementrian Luar Negeri Singapura
              – Kedutaan Besar negara pasangan Anda di Singapura
              – Lapor ke KBRI di Singapura.
              Dokumen yang harus disiapkan adalah Sertifikat nikah, Paspor, CNI dan Prenup (jika ada). Minta pada KBRI untuk melegalisir Prenup Anda dan menuliskan keterangan Prenup pada surat lapor nikah. Setelah tiba di Indonesia Anda harus melapor ke kantor Catatan Sipil.

              2.  WNI yang menikah dengan sesama WNI

              Anda harus melapor ke KBRI Singapura dengan membawa dokumen sertifikat nikah ROM, paspor suami istri, dan KTP suami istri. Proses 2 hari kerja. Setelah itu lapor ke catatan sipil di Indonesia.

              Pelaporan ke kantor catatan sipil Indonesia dilakukan selambat-lambatnya 30 hari dihitung dari tanggal Anda masuk kembali ke dalam wilayah Indonesia. Anda harus membawa sertifikat nikah asli dari ROM Singapura, surat lapor KBRI, Paspor, KTP, KK, pasfoto berdampingan, danPrenup (jika ada). Persyaratan lainnya bisa Anda tanyakan ke kantor catatan sipil sesuai dengan wilayah Anda tinggal.

              Catatan sipil Indonesia akan mengeluarkan bukti pencatatan pernikahan berdasarkan sertifikat nikah luar negeri dan surat lapor KBRI. Bukti pencatatan nikah dari catatan sipil tersebut berguna untuk mengurus berbagai dokumen di Indonesia, seperti KK atau akta kelahiran anak.

              Semoga informasi ini berguna bagi mereka yang ingin melakukan pernikahan campuran antar negara dan bagi mereka yang ingin menikah tanpa prosesi religius. Apapun caranya, pernikahan merupakan peristiwa penting bagi sepasang manusia yang telah berani mengambil keputusan berjanji di atas kertas secara formal dan sah di mata hukum untuk hidup bersama selamanya.

              Salam cinta,
              Desi Sachiko

              * * UPDATE * *

              Peraturan terbaru dari ROM (mulai April 2016) selain Paspor juga diminta Certificate of No Impediments (CNI) dari kedua calon pengantin. CNI adalah surat pernyataan tidak ada halangan untuk menikah (di negara lain) dari segi hukum. Ada juga yang menyebut CNI sebagai surat izin menikah atau surat single.

              Cara membuat CNI:

              Bagi WNI dapat mengurus CNI ke RT, RW, Lurah, KUA/catatan sipil (biasanya harus mengurus surat N1-N4 dulu). Bagi WNA bisa meminta CNI ke kedutaan di tempatnya bermukim atau dari catatan sipil di negaranya.
              – CNI harus menerangkan nama, tanggal lahir, Kewarganegaraan, nomor KTP dan paspor.
              – CNI harus berbahasa Inggris, jika tidak harus diterjemahkan ke bahasa Inggris.

              CNI asli dan fotokopi harus dilegalisir oleh KBRI di Singapura atau Kementrian luar negeri Indonesia lalu disahkan oleh kedutaan Singapura di Indonesia. Persyaratan legalisir CNI silahkan menghubungi KBRI.

              Sumber http://www.desisachiko.com/

              lunar
              sivex
              fiona
              Bramanta
              678 card
              Maxi
              Alexander Deborah
              Marble
              AVe
              Ventlee
              La Rose
              Lucky
              GALAXY
              DIAMOND
              Kencana
              Wong Hang
              KHOE
              Joy Decoration
              Techno
              Dian Saputra
              Horison
              Totok Shahak
              Griya Tanti
              kusuma logo
              Agustin
              BATAVIA JAS
              Riana Dance Group
              Redcarpet Pictvre
              Hallena Gown
              Diamond World Jewelry
              Chri5t Decoration
              Asean Photography
              Andy Irawan Music Entertainment